Manusia dan Penderitaan

Friday, June 11, 2010
Setiap manusia pasti mengalami penderitaan, baik berat atau pun ringan. Penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yang bersifat kodrati. Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Arti penderitaan itu senduiri adalah kesusahan, keadaan hidup yang serba menemani musibah atau cobaan, sengsara dan sebagainya. (kamus Umum Bahasa Indonesia) Penderitaan yang dialami manusia berbeda-beda. Ada yang berat ada juga yang ringan. Peranan individu yang menentukan berat ringannya penderitaan seseorang.

Penyebab penderitaan bermacam-macam, yaitu:

1. Penderitaan akibat perbuatan buruk manusia Penyebab penderitaan timbul akibat dari perbuatan buruk manusia itu sendiri. Hal tersebut bisa terjadi dalam hubungan sesame manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Namun manusia tidak menyadari hal ini. Kesadaran itu baru akan timbul setelah musibah membuat manusia tersebut menderita, misalnya: banjir di Jakarta pada tahiun 2007 yang merendamkan hampir seluruh bagian kota Jakarta sehingga ruas jalan tidak bisa digunakan. Iini semua diakibatkan oleh manusia.

Kebiasaan buruk manusia membuang sampah disungai dan mendirikan rumah dibantaran sungai adalah salah satu foktor penyebab banjir, sehingga menimbulkan penderitaan akibat perbiuuatan buruk mereka sendiri.

Contoh lain penyebab penderitaan adalah jika manusia merasa diperlakukan sevara tidak adil seperti yang terjadi di Indonesia, lumpur Lapindo yang merendam bagian wilayah Jawa Timur khususnya di Siduarjo selama empat tahun terakhir. Rumah dan sawah kini sudah terendam. Menurut keputusan pemerintah kejadian ini bukan salah PT. Lapindo, namun dikarenakan fenomena alam. Korban lumpur merasa tidak ada keadilan. Pemerintah hingga saat ini belum membayar seluruh kerugian akibat lumpur. Sesungguhnya nasi buruk ini dapat diperbaiki manusia menjadi baik,dengan kata lain manusialah yang dapat memperbaiki nasibnya.

2. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan Tuhan. Misalnya seseorang yang terlahir dengan nbibir sumbing, cacat mental, kelumpuhan dan lain-lain. Namun dari semua penderitan yang dialami manusia adalah kehendak Tuhan, Tuhan yang telah mengatur. Manusia hanya bisa bersabar,tawakkal, dan optimis adalah merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu. Penderitaan dikatan sebagai kodrat manusia, artinya sudah menjadi konsekwensi manusia hidup, bahwa manusia hidup ditakdirkan bukan hanya untuk bahagia, melainkan juga menderita. Mengubah penderitaan hanya manusia itu sendiri.

Pengaruh Penderitaan

Dari semua hal yang kita lakukan, rasakan dan dialami pasti mempunyai pengaruh.orang yang mengalami penderitan mungkin akan memperoleh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul berupa positif atau pun negatif.

Jika sikap negative yang timbul dari pengaruh pederitaan maka sikap yang diungkapkan berupa penyesalan, sikap kecewa dan putus asa, sehingga did ala hidupnya tidak mem punyai gairah hidup. Sebaliknya apabila sikap positif yang muncul pada diri manusia, maka sepanjang hidupnya selalu optimis, walaupun banyak penderitaan yang dialaminya, manusia tersebut tetap berjuang membebaskan diriny dari penderitaan dan menurutnya penderitaan itu hanya bagian dar kehidupan.

0 comments:

Post a Comment